Iklan

Menu Bawah

Anggota Komisi 8 Bantah Peryataan Ketua PBNU, Pastikan Tak Ada Urusan Pribadi Dalam Pansus Haji

Senin, Juli 29, 2024 WIB
Anggota komisi VIII Maman Imanulhaq membantah pernyataan ketum PBNU urusan Angket Haji 2024


Jembernews.com- Anggota Komisi VIII Maman Imanulhaq membantah pernyataan Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf yang menuding urusan Pansus Angket Haji 2024 untuk menyerang PBNU. 


Menurut Kiai Maman, pengguliran Angket Haji murni dalam rangka perbaikan manajemen haji.


Anggota Pansus ini menegaskan, PBNU tak perlu ikut dalam urusan politik yang kini tengah bergulir di DPR. 


Apalagi Angket merupakan hak yang dimiliki parlemen untuk melakukan penyelidikan atas dugaan penyelewengan kebijakan yang dinilai bertentangan dengan perundangan.


"Urusan Angket Pansus Haji 2024 adalah urusan kerja DPR dan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama," kata Kiai Maman saat ditemui di gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (29/7).


Pansus, imbuh Kiai Maman, adalah cara konstitusional, resmi yang dilindungi undang-undang untuk menunjang kerja parlemen dalam melakukan pengawasan dan perbaikan kerja eksekutif. Apalagi dalam Pansus Angket Haji 2024 ini telah disetujui oleh seluruh fraksi di Senayan.


"Pansus haji itu formal, resmi dan Konstitusif. Tidak ada urusan dengan pribadi-pribadi atau PBNU," tegasnya.


Maman menegaskan bahwa Pansus Angket Haji 2024 dibuat untuk memastikan adanya peningkatan pelayanan haji pada masa mendatang. Justru, kata Kiai Maman, PBNU perlu berterima kasih atas adanya Angket ini, pasalnya warga NU yang nantinya juga bakal merasakan perbaikan pelayanan haji.


Sementara soal pertimbangan pembentukan Pansus angket ini, Kiai Maman mengungkapkan sederet persoalan haji pada tahun 2024 ini, salah satunya yakni soal pembagian kuota haji oleh Kemenag yang tak seusai dengan penetapan yang diketok pemerintah dan DPR serta soal pelayanan jemaah haji Indonesia pada saat Armuzna yang dianggap buruk.


Sumber: Zainul

Pewarta: Agus/Andre

Komentar

Tampilkan

  • Anggota Komisi 8 Bantah Peryataan Ketua PBNU, Pastikan Tak Ada Urusan Pribadi Dalam Pansus Haji
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement

close