Iklan

Menu Bawah

Dijuluki Surga Tersembunyi Bukit Tengah Klungkung di Bali, Sajikan Pemandangan Alam yang Eksotis

Senin, September 09, 2024 WIB
Salah satu pengunjung menikmati pemandangan alam yang indah dan eksotis foto YouTube/Agus/Andre



Jembernews.com- Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak pada bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara dan beribu kota di Kota Denpasar. Pulau Bali, yang merupakan pulau terbesar di Provinsi Bali,


Bali memang memiliki pesona yang menarik. Ada banyak destinasi wisata di Klungkung yang layak untuk dikunjungi. Beberapa destinasi sudah terkenal dan akrab bagi sebagian orang tetapi beberapa bahkan masih sedikit yang mengunjungi. Kali ini destinasi yang akan dibahas adalah Bukit Tengah Klungkung.


Dilansir oleh Jembernews.com dari kanal YouTube itrip. id Bukit ini dijuluki sebagai surga yang tersembunyi di Bali karena memang masih jarang terjamah oleh wisatawan. Padahal keindahan dan panorama yang diberikan sangat menarik untuk dilihat. Lokasi bukit agak sedikit jauh dari pusat kota dengan jalanan yang kurang bagus.


Tetapi keindahan bukit ini pasti akan tersihir oleh siapapun. Keindahan bukit dengan panorama yang diberikan mampu memanjakan mata.


Suasana bukit yang tenang dan tentram, cocok untuk anda melepas penat akan lelahnya aktivitas kerja. Berikut ada beberapa ulasan penting tentang kenapa Bukit Tengah ini layak untuk dikunjungi. 


Pengunjung melihat pemandangan sekitar alam bukit


1. Pemandangan Alami Bukit

Bukit Tengah memiliki pesona yang alami. Saat tiba di lokasi bukit, terlihat pemandangan yang menyejukkan. Di hadapan mata memandang terdapat hamparan rerumputan hijau dengan bersama ilalang yang menyebar di lokasi bukit. Ilalang ini berwarna kecoklatan muda. Spot pemandangan yang sangat baik.


Bukit ini juga menawarkan keindahan pohon-pohon yang menyebar secara alami. Pohon hijau yang membentang.


Beberapa pohon ini ada buah yang bisa dipetik seperti pohon mangga dan pohon lainnya. Pengunjung dapat memetik buah tersebut. Sebelum memasuki lokasi pun anda akan melintasi pepohonan yang rimbun.


Pohon tersebut tumbuh dengan subur dan rimbun membuat kesejukan dan rindang. Bukit Tengah Klungkung menampilkan kesejukan alam yang alami sehingga tidak ada polusi udara di bukit. Anda juga dapat menaiki salah satu pohon dan bersantai di atas pohon tersebut. Beberapa pohon sangat kuat dan kokoh berdiri.


Pengunjung juga dapat menaiki sebuah rumah joglo. Rumah panggung dengan tiang yang masih kokoh berdinding kayu dengan ukiran khas lama ini berdiri satu-satunya di bukit. Rumah yang menghadap langsung ke hamparan laut dan bukit ini memang tidak terurus seperti telah ditinggal pemiliknya.


Pemandangan bukit berlapis


2. Bukit Berlapis

Menariknya, Bukit Tengah ini terdapat di belakang gunung agung. Hamparan di bukit ini bukan hanya menyediakan lautan air yang biru tetapi juga menampilkan beberapa bukit-bukit yang seperti membentuk lapisan. Itulah kenapa bukit tersebut di beri julukan bukit berlapis.


Bukit yang berlapis ini dipenuhi dengan warna yang khas hijau. Terdapat banyak tumbuhan dari tanaman hijau yang rimbun dan besar. Pohon-pohon besar itu terlihat dengan jelas. Bukit berlapis ini masih sangat asri dan alami serta belum pernah didatangi manusia.


Pengunjung dapat memandangi bukit-bukit yang berlapis tersebut bahkan dengan mata telanjang karena jaraknya yang sangat dengan Bukit Tengah Klungkung, yaitu hanya sekitar beberapa kilometer saja. Beberapa ada hewan-hewan bukit yang terlihat seperti yang bergelantungan di pohon atau yang menari-nari di atas pohon.


Pengunjung menikmati pesona Sunset dan Sunrise


3. Pesona Sunset dan Sunrise

Bukit Tengah merupakan aset yang menarik untuk dikembangkan pemerintah setempat. Bukan hanya menampilkan keindahan khas bukit yang hijau dengan hamparan lautan air di bawah serta bukit yang berlapis, bukit ini juga memiliki pesona sunset dan sunrise yang sangat indah.


Pengunjung bahkan melakukan kemah atau camping di bukit hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise di pagi hari dan tenggelamnya matahari di sunset senja hari. Anda dapat membawa perlengkapan kemah dari rumah ya! Karena tempat ini belum menyediakan alat-alat sewa perkemahan yang lengkap.


Pesona sunset di bukit adalah hal menarik. Seperti menyaksikan pemandangan langit yang berwarna jingga berhias perbukitan yang melapis-lapis.


Bukan Cuma itu, awan putih yang datang pun semakin cantik.Terdapat juga hamparan laut dengan ombak yang menerjang karang, menghasilkan irama yang merdu terpadu kicauan burung.


Pengunjung juga dapat berkemah untuk menyaksikan panorama malam di bukit yang ditutup dengan sunrise. Suasana sunrise tak kalah dari sunset. Waktu pagi sekitar jam 6 kurang adalah yang dinanti-nanti. Menyaksikan matahari terbit dengan sambutan awan yang cerah. Warna langit dan awan di pagi hari sangat cantik.


Memang waktu terbaik untuk berkunjung di bukit adalah di pagi hari atau sore hari karena di waktu itu selain menikmati pesona langit yang berbeda, suasana bukit juga lebih sejuk dengan cuaca dingin dan hembusan angin yang deras. Berbeda di waktu siang hari, matahari terasa sangat terik dapat membakar kulit anda.


Para Pengunjung merasa tenang menikmati pemandangan alam bukit

4. Bukit yang Tenang

Lokasi  Bukit Tengah ini memang tersembunyi, selain jalannya yang masih terjal dan licin, anda juga tidak dapat menggunakan mobil untuk ke lokasi karena askes jalannya hanya untuk motor. Tetapi semua kesusahan di perjalanan akan terbayar dengan pesona yang diberikan bukit sendiri.


Suasana bukit yang tenang dan damai ini dapat menyejukkan pikiran anda. Terlebih bagi para pengunjung yang menginginkan ketenangan. Di bukit ini adalah solusinya.

Karena masih sedikit pengunjung yang datang oleh karena itu ketika tiba di bukit, anda hanya akan mendengar deburan ombak, kicauan burung ataupun hembusan angin.


Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bukit Tengah yang menarik ini berada di Bali, tepatnya di Pesinggahan Kecamatan Dawan, kabupaten klungkung, Provinsi Bali. Perjalanannya cukup terjal dan menanjak. Rute tempuh dari kota Denpasar adalah 45 menit dengan jarak perjalanan sekitar 33 kilometer.


Akses perjalanan menuju lokasi hanya dapat dilalui oleh sepeda motor dengan melewati aspal putih. Tidak disarankan untuk memakai aplikasi google maps karena lokasi daerah tidak akurat. Anda lebih disarankan untuk bertanya langsung dengan masyarakat setempat.


Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional


Bukit Tengah ini sangat menarik, pasalnya anda tidak perlu membayar sepeserpun sebagai retribusi tiket masuk. Dengan biaya tiket yang gratis pengunjung dapat menyaksikan panorama bukit secara seluruh. Berkeliling menyaksikan keindahan alami yang asri.


Adapun untuk jam operasionalnya, bukit ini masih kurang dikelola oleh Pemerintah setempat jadi untuk sekarang bukit dibuka dari Hari senin sampai dengan hari minggu selama 24 jam. Anda disarankan untuk membawa kantong besar untuk sampah karena bukit tidak menyediakan bak sampah. 

(Agus/Andre) 

Komentar

Tampilkan

  • Dijuluki Surga Tersembunyi Bukit Tengah Klungkung di Bali, Sajikan Pemandangan Alam yang Eksotis
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement

close