Iklan

Menu Bawah

Kalapas Jember Lakukan Kontrol Pengamanan Lapas di Malam Hari

Kamis, September 19, 2024 WIB
Kalapas Jember Lakukan Kontrol pengamanan lapas di malam hari


Jembernews.com- Kondisi lingkungan yang aman dan kondusif selalu menjadi prioritas di Lapas Kelas IIA Jember. Hal ini terlihat jelas dalam kegiatan kontrol yang dilakukan oleh Kepala Lapas Jember, Hasan Basri, bersama Kaur Kepegawaian dan Keuangan, Hendrik Hariadi pada Rabu malam (18/09/2024). Mereka didampingi oleh Kepala Regu Pengamanan, Sugeng Hari, melakukan inspeksi menyeluruh ke seluruh blok di dalam Lapas.


Salah satu fokus utama dalam kontrol malam ini adalah program Mapenaling (Masa Pengenalan Lingkungan). Hasan menekankan pentingnya kegiatan ekstra bagi tahanan yang baru masuk. “Selama seminggu di Mapenaling, mereka harus memahami tata tertib yang berlaku di sini. Selain itu, kebugaran fisik mereka juga harus terjaga, mengingat mereka belum dapat mengakses fasilitas umum seperti warga binaan lainnya,” jelas Hasan dengan tegas.


Tak hanya itu, kontrol juga mencakup pemeriksaan blok narapidana dan fasilitas umum. “Kami harus memperhatikan titik-titik rawan yang dapat memicu gangguan keamanan,” tambahnya.



Hasan menjelaskan bahwa kegiatan kontrol keliling ini merupakan bagian dari rutinitas yang telah dibudayakan di Lapas Jember. Namun, ia menekankan perlunya perhatian ekstra terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban. “Gangguan bisa dicegah dengan langkah-langkah sederhana seperti kontrol rutin, penggeledahan, dan selalu waspada,” ungkapnya.


Pernyataan ini sejalan dengan amanat Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Bapak Heni Yuwono, yang terus menekankan pentingnya meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban di lembaga pemasyarakatan.(Agus/Andre) 

Komentar

Tampilkan

  • Kalapas Jember Lakukan Kontrol Pengamanan Lapas di Malam Hari
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement

close