Iklan

Menu Bawah

Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024: Galih Marantika Mewakili Kalapas Jember di KPU Provinsi Jawa Timur

Selasa, September 03, 2024 WIB
Rapat koordinasi di KPU Provinsi Jawa Timur, pegawai lapas Jember turut hadir dalam kegiatan tersebut


Jembernews.com– Menyambut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, Lapas Jember aktif berpartisipasi dalam persiapan pemilu. Galih Marantika, Kasubsi Registrasi, mewakili Kalapas Jember dalam Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur. Rapat tersebut dihadiri oleh puluhan undangan lainnya dan membahas berbagai persiapan pelaksanaan Pilkada 2024.


“Dalam rapat, kami membahas hal-hal teknis yang harus dipersiapkan sebagai penyelenggara pemungutan suara. Selain itu, sosialisasi mengenai pelaksanaan pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luber Jurdil) juga disampaikan,” jelas Galih pada Senin (02/09/2024) usai rapat.



Galih juga mengungkapkan bahwa Lapas Jember sedang dalam proses pengusulan seluruh warga binaan untuk menjadi bagian dari Data Pemilih Tetap (DPT) maupun Data Pemilih Sementara (DPS). “Sampai aaat ini sudah ada 744 DPT, dan lainnya sedang dalam pengurusan,” ucapnya.


Kalapas Jember, Hasan Basri, menegaskan bahwa hak memilih bagi warga binaan sama dengan hak pilih masyarakat di luar. “Baik masyarakat maupun warga binaan (WBP) memiliki hak pilih dalam Pilkada,” ujar Hasan.


Hasan juga menyebutkan bahwa pemilu yang akan diselenggarakan di Lapas Jember merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak bagi warga binaan, sesuai dengan pernyataan Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur. “Pemenuhan hak bagi warga binaan adalah prioritas Lembaga Pemasyarakatan,” tambahnya.



Dengan langkah ini, Lapas Jember menunjukkan komitmennya untuk memastikan bahwa semua warga negara, termasuk mereka yang sedang menjalani hukuman, dapat menjalankan hak suara mereka dalam proses demokrasi.(Agus/Andre) 

Komentar

Tampilkan

  • Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024: Galih Marantika Mewakili Kalapas Jember di KPU Provinsi Jawa Timur
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement

close