Iklan

Menu Bawah

Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Sidoarjo, Cocok Buat liburan Bersama Keluarga

Selasa, September 10, 2024 WIB

Salah satu pengunjung lagi asyik menikmati suasana pantai yang asri

 

Jembernews.com- Sidoarjo kota yang terletak di Jawa Timur dan berdekatan dengan kota Surabaya, ini memang tidak asing lagi di telinga kita. Adanya bencana Lumpur Lapindo memang membuat kota ini menjadi pusat perhatian seluruh negeri.


Namun, dibalik melimpahnya lumpur yang menggenang sebagian daerahnya, ternyata Sidoarjo juga menyimpan banyak destinasi wisata menarik.


Dilansir oleh Jembernews.com dari kanal Youtube itrip.id. Ada banyak obyek wisata yang perlu Kamu gali keunikannya di Kabupaten nan indah ini. Wisata yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, keluarga hingga wisata edukasi semua ada di kabupaten ini.

.

Jika kamu berencana pergi ke daerah Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mampir ke kota Sidoarjo. Disini ada banyak referensi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini beberapa tempat yang direkomendasikan.

Museum Mpu Tantular


1. Museum Mpu Tantular


Nah, setelah puas menjelajah wisata alam, saatnya menuju ke wisata edukasi di Sidoarjo. Museum Mpu Tantular bisa menjadi satu wisata pendidikan yang akan mengingatkan pada sejarah masa lampau.



Saat masuk ke museum, akan ada berbagai pameran-pameran berupa benda-benda yang memiliki nilai sejarah dan pengetahuan. Disini kamu akan diperlihatkan bagaimana sejarah atau asal usul Kabupaten Sidoarjo dari segi geologis maupun dilihat dari sudut pandang historisnya

Pulau Sarinah obyek wisata baru


2. Pulau Sarinah

Meskipun namanya seperti hotel di Jakarta, pulau ini berada di Kabupaten Sidoarjo. Pulau Sarinah ini merupakan bukti nyata jika akan selalu ada hikmah dibalik sebuah musibah.


Pasti kamu sudah tahu tentang bencana lumpur lapindo yang menggemparkan itu. Inilah hasil pengendapan lumpur lapindo yang menghasilkan sebuah pulau kecil.


Meskipun belum bisa dihuni, kini pulau ini telah dibuka dan dijadikan sebagai obyek wisata baru. Warga memanfaatkan pulau ini untuk menanam pohon bakau sehingga berpengaruh terhadap kondisi udara di sekitarnya. Cobalah nikmati wisata edukasi unik ini, karena hanya bisa Kamu temui di Kabupaten Sidoarjo.

Kampung Batik Jetis sidoarjo


3. Kampung Batik Jetis Sidoarjo


Sebagian wilayah Indonesia memang memiliki ciri khas batiknya tersendiri. Kabupaten Sidoarjo juga mempunyai pusat kerajinan batik di Kampung Batik Jetis namanya. Akses lokasinya sangat mudah dijangkau karena sangat dekat dengan pusat Kabupaten.


Uniknya, di kampung batik ini wisatawan bisa sekalian belajar cara membuat batik. Intinya Kamu bisa semakin tahu proses pembuatannya dari awal sampai akhir. Bagi Kamu yang ingin mencoba membuat batik juga bisa.

Sungai Porong


4. Sungai Porong

Sungai porong menjadi bagian tempat wisata unggulan Kabupaten Sidoarjo. Pada beberapa sudut pandang, sejauh mata memandang, Kamu akan disambut dengan pepohonan serta pemandangan pegunungan yang begitu menenangkan hati. Bahkan Kamu bisa hunting foto di sungai yang populer di Sidoarjo tersebut.


Untuk Kamu yang menyukai buaya, di sini juga terdapat penangkaran buaya. Kamu bisa melihat proses pemberian makan buaya-buaya yang ada disini.

Tak usah khawatir lagi untuk masalah keamanan saat menonton atraksi ini. Faktor keamanan selalu menjadi yang paling penting sehingga ada pawang buaya saat atraksi dilakukan.

5. Pantai Kepentingan

Saat Kamu berkunjung ke Pantai Kepetingan ada satu jenis upacara adat yang bisa Kamu saksikan di sini. Upacara ini ditujukan untuk mengungkapkan ungkapan syukur atas semua hal yang boleh terjadi tahun tersebut.


Yang menarik dari pantai ini yakni Kamu tidak perlu membayar biaya tiket masuk, alias gratis. Kamu bebas berkunjung kapanpun ke pantai Kepetingan. Nuansa pantai ini sangat alami dan justru mirip dengan sungai, sehingga akan sangat berbeda saat Kamu menyusurinya


Nah, itulah 5 referensi tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang akan menemani liburan Kamu bersama orang tercinta. Pilih destinasi terbaik agar wisatamu semakin menyenangkan. (Agus/Andre) 

Komentar

Tampilkan

  • Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Sidoarjo, Cocok Buat liburan Bersama Keluarga
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement

close